Selasa, 19 April 2022

REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN

 

  1. Bagaimana/sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Adakah hal-hal yang menurut Anda di luar dugaan?

Setelah mempelajari modul 3.1 melalui tahap mulai dari diri, eksplorasi konsep satu persatu sub pokok bahasan, mendiskusikan kasus bersama teman dan melakukan kolaborasi sesuai arahan instruktur. Saya merasa telah memahami konsep pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Hal diluar dugaan yang saya dapatkan adalah ternyata ada Sembilan langkah dalam pengambilan dan pengujian keputusan.

  1. Bagaimana dampak mempelajari materi ini buat Anda, perubahan  apa yang terjadi pada cara Anda dalam mengambil keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran modul ini?

Dampak yang saya rasakan setelah mempelajari modul ini adalah memahami bahwa ada beberapa konsep mengenai dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Setelah mengetahui konsep ini maka saya dapat mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari saya sebagai guru  ketika menghadapi permasalahan dan dilema.

  1. Seberapa penting mempelajari topik modul ini bagi Anda sebagai seorang individu dan Anda sebagai seorang pemimpin pembelajaran?

Menurut saya sangat penting, karena guru adalah pekerjaan yang selalu berinteraksi dengan orang lain, baik individu dengan individu, individu dengan kelompok maupun kelompok dengan kelompok. Interaksi tersebut rentan menimbulkan permasalahan dan dilem. Disinilah pembelajaran pengambilan keputusan diperlukan agar dapat menemukan solusi terbaik dalam menghadapi dilemma atau permasalahan.

  1. Apa yang Anda bisa lakukan untuk membuat dampak/perbedaan di lingkungan Anda setelah Anda mempelajari modul ini?

Saya rasa saya dapat mengaplikasikan pengetahuan dalam modul ini dalam hidup saya. Kemudian saya dapat membantu teman sejawat yang sedang menghadapi permasalahan berkaitan dengan dilemma etika dan bujukan moral.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar