Nama Sekolah : SMP N 2 Way Serdang
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas/Semester : VIII (delapan) / Ganjil
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Pertemuan ke : 5
Standar Kompetensi : 2. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar : 2.2 menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
- Indikator
- Kognitif
a. Produk
Mengidentifikasikan peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia
b. Proses
Mendeskripsikan peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia
2. Psikomotor
Menganalisis peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia
- Afektif
a. Karakter
Jujur, peduli, tanggung jawab dan bekerja sama mendengarkan pendapat orang lain dan melakukan analisis terhadap materi pembelajaran
b. Keterampilan Sosial
Berani bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang materi pembelajaran
- Tujuan Pembelajaran
- Kognitif
a. Produk
Siswa dapat mengidentifikasikan peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia
b. Proses
Siswa dapat mendeskripsikan peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia
2. Psikomotor
Siswa mampu menganalisis peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia
- Afektif
a. Karakter
Siswa menjadi jujur, peduli, tanggung jawab dan bekerja sama mendengarkan pendapat orang lain dan melakukan analisis terhadap materi pembelajaran
b. Keterampilan Sosial
Siswa menjadi berani bertanya, memberikan ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang materi pembelajaran
- Materi Pembelajaran
Proses terbentuknya kesadaran nasional dan Perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
- Model / Metode Pembelajaran
1. Model : Talking Stick
2. Metode : Ceramah bervariasi, Tanya jawab, Diskusi Kelompok
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Langkah Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembukaan
|
|
5 Menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
|
25 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
|
|
- Sumber / Bahan / Alat Belajar
- Buku Sumber IPS Terpadu SMP Kelas VIII – Erlangga
- Buku Sumber Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu SMP Kelas VIII – Pusat perbukuan Depdiknas
- Gambar-gambar dan foto-foto tentang peristiwa terkait materi pelajaran
- Spidol dan Whiteboard
- Buku-buku penunjang yang relevan dn terkait dengan materi pembelajaran
- Sumber dari Internet
- Penilaian
Jenis Tagihan : Tugas Individu
Bentuk Tagihan : Soal Essay
Instrumen Pilihan : Lembar Kerja Siswa
1. Sebutkan tiga organisasi nasional pada awal masa pergerakan !
Jawab : a. Boedi Oetomo
b. Sarekat Islam
c. Indische Partij
2. Sebutkan tujuan didirikannya sarekat Islam !
Jawab : a. Menjalankan usaha dagang pribumi
b. membantu anggota yang mengalami kesulitan usaha
c. memajukan pengajaran bagi bangsa Indonesia
d. memperbaiki pendapat yang keliru tentang agama Islam
e. hidup menurut perintah agama
3. Golongan terpelajar lahir akibat terjadinya politik apa?
Jawab : Politik Etis
4. Bagaimana peranan pers terhadap tumbuhnya kesadaran nasional Indonesia?
Jawab : pers berperan menumbuhkan kesadaran nasional indonesa, karena pers menyebarkan berita-berita melalui media cetakyang ersebar dan dibaca semua orang.
Setiap soal bernilai 25
Gedong Boga, 15 Agustus 2011
Guru Pamong Guru PPL
Susi Fatmawati, S. Pd Ririanty Yunita
NIP. 197303172005012010 NPM. 0813033048
Mengetahui,
Kepala SMP N 2 Way Serdang
Roli, S. Pd
NIP, 196501151994031004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar